Senin, 27 Mei 2013

perjalanan yang panjang pamekasan-malang

longtimesonbus syndrome.. pernah dengar istilah tersebut? atau baru baca? istilah itu saya buat 2menit yang lalu..
hal ini beneran terjadi setelah saya hampir 24 jam di dalam bus Pariwisata yang ac nya dingin (kalo gak mau dingin mending pake bus ekonomi), jelajah jawa timur dan berhenti di kota jogja.
hal ini bermula ketika menjalankan rencana berlibur ke kota batu malang setelah seleseai menjalankan penelitian  selama 2 hari di pamekasan, madura.
perjalanan dimulai pukul 5.10 pagi.. bayangin aja, ayam baru mulai mau berkokok,, kami menyiapkan mental, fisik dan pikiran untuk berlibur ke malang..
dengan hati riang gembira kami serombongan memasuki bus orange itu.
awal perjalanan lancar (pastinya namanya jga msih pagi buta), namun tetap menemukn beberapa titik macet di pasar tradisional yang ada di jalur selatan pulau madura.
senang bukan kepalang ketika kami sampai di jembatan yang katanya bagus itu, alias suramadu.. gede banget jembatannya (maklum, baru pertama liat  mau lewat jembatan bayar 30.000ribu)
sesampainya di surabaya (kotanya rame banget) kami menjumpai titik titik titik titik  kemacetan, karena sudah sampai surabaya nyesel dong gak berhenti bentaaar aja.. dan kami pun behenti untuk ke kamar mandi (hanya tu alasan bisa keluar dari bus). untuk pertama kalinya saya menginjakan kaki di kota pahlawan surabaya.. kota yang ramai, panas, dan banyak orang
perjalanan dilanjutkan.. tak bisa saya menceritakan bagaimana pemandangan karena yang saya lihat hanya mobil, bus, berbagai jenis truk, motor atau dengan kata lain macet.. semacet macetnya..
perjalanan dari pamekasan sampai malang yang direncanakan hanya 6 jam atau jika sesuai jadwal kami sampai di malanag sekitar jam 12 siang.. berujung dengan berteman dengan kemacetan hingga jam 5 sore.. waoooow banget pookknya.
itu rasanya sesuatu sekali
gak bermaksud untuk mengeluh atau bagaimana sih
cuman menurut analisis saya ternyata orang indonesia memang sangat butuh liburan, sehingga jika ada sedikit saja long week end, semua jalanan menuju tempat- tempat wisata akan sangat penuh, padat dan ramai
atau bisa juga menunujukan bahwa tingkat kesejahteraan orang indonesia juga meningkat, buktinya libur dikit aja langsung shoping atau ke tempat rekreasi.
mengingat  sepanjang perjalanan pamekasan-malang
masih ada malang-jogja :p