Minggu, 09 Juni 2013

planet bahagiamu

mungkin kau telah menemukan planet mu yang kau sebut bahagia
planet idah yang kau huni bersama orang terkasih mu
yang tak ingin kau bagi dengan yang lain
yang tidak ingin diusik oleh orang lain
apakah kau tak mengerti dulu kau keluar dari planet yang tak kalah indah dari planetmu saat ini
yang sudah kau lupakan, yang sudah tak ada di memori otak mu
aku ikut senang dengan kebahagiaan mu
tapi disisi lain aku sedih melihat mu saat ini
kau terlalu terbelenggu oleh pagar pembatas kebahagianmu
hingga tak au membagi dengan orang yang dulu ada di hari hari mu
i miss you my brother

Senin, 27 Mei 2013

perjalanan yang panjang pamekasan-malang

longtimesonbus syndrome.. pernah dengar istilah tersebut? atau baru baca? istilah itu saya buat 2menit yang lalu..
hal ini beneran terjadi setelah saya hampir 24 jam di dalam bus Pariwisata yang ac nya dingin (kalo gak mau dingin mending pake bus ekonomi), jelajah jawa timur dan berhenti di kota jogja.
hal ini bermula ketika menjalankan rencana berlibur ke kota batu malang setelah seleseai menjalankan penelitian  selama 2 hari di pamekasan, madura.
perjalanan dimulai pukul 5.10 pagi.. bayangin aja, ayam baru mulai mau berkokok,, kami menyiapkan mental, fisik dan pikiran untuk berlibur ke malang..
dengan hati riang gembira kami serombongan memasuki bus orange itu.
awal perjalanan lancar (pastinya namanya jga msih pagi buta), namun tetap menemukn beberapa titik macet di pasar tradisional yang ada di jalur selatan pulau madura.
senang bukan kepalang ketika kami sampai di jembatan yang katanya bagus itu, alias suramadu.. gede banget jembatannya (maklum, baru pertama liat  mau lewat jembatan bayar 30.000ribu)
sesampainya di surabaya (kotanya rame banget) kami menjumpai titik titik titik titik  kemacetan, karena sudah sampai surabaya nyesel dong gak berhenti bentaaar aja.. dan kami pun behenti untuk ke kamar mandi (hanya tu alasan bisa keluar dari bus). untuk pertama kalinya saya menginjakan kaki di kota pahlawan surabaya.. kota yang ramai, panas, dan banyak orang
perjalanan dilanjutkan.. tak bisa saya menceritakan bagaimana pemandangan karena yang saya lihat hanya mobil, bus, berbagai jenis truk, motor atau dengan kata lain macet.. semacet macetnya..
perjalanan dari pamekasan sampai malang yang direncanakan hanya 6 jam atau jika sesuai jadwal kami sampai di malanag sekitar jam 12 siang.. berujung dengan berteman dengan kemacetan hingga jam 5 sore.. waoooow banget pookknya.
itu rasanya sesuatu sekali
gak bermaksud untuk mengeluh atau bagaimana sih
cuman menurut analisis saya ternyata orang indonesia memang sangat butuh liburan, sehingga jika ada sedikit saja long week end, semua jalanan menuju tempat- tempat wisata akan sangat penuh, padat dan ramai
atau bisa juga menunujukan bahwa tingkat kesejahteraan orang indonesia juga meningkat, buktinya libur dikit aja langsung shoping atau ke tempat rekreasi.
mengingat  sepanjang perjalanan pamekasan-malang
masih ada malang-jogja :p


Kamis, 04 April 2013

BENTUK-BENTUK NEGARA MENURUT FISIOGRAFISNYA


Menurut fisiografinya bentuk negara dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu, bentuk negara kompak (contigous shape) dan tidak kompak (non-contigous shape). Negara kompak dapat  dapat diartikan negara dengan jarak dari pusat wilayah kedaerah pinggir memiliki jarak yang hampir sama dan negaranya menyatu tidak terpisah oleh wilayah negara lain yang berdekatan. Negara tidak kompak adalah negara yang wilayahnya terpisah oleh daratan negara lain atau terisah oleh wilayah perairan. Negara tidak kompak dterdiri dari bentuk fragmental (kepulauan), terpecah (broken shape), tersebar (scatterd shape) dan lingkar laut (sircum marine).
Beikut ini merupakan  contoh berbagai negara berdasarkan fisiografisnya:
1.      Fragmental (kepulauan)
Negara yang termasuk bentuk kepulauan adalah Indonesia, Jepang, Filipina, Inggris
2.      Broken shape (terpecah)
Negara terpisah antara lain brunei yang dipisahkan oleh wilayah malaysia dibagian utara pulau kalimantan
3.      Tersebar (scratted)
Yeng termasuk negara tersebar antara lain Amerika Serikat yang memiliki keplauan hawaii di samudra pasifik dan Denmark yang memiliki greenland di dekat kutub utara.
4.      Lingkar laut (sirkum marine)
Negara yang berbentuk lingkar laut diantaranya Selandia Baru, Srilanka, Madagaskar
Bentuk negara kompak maupun tidak kompak akan memberikan pengaruh terhadap iklim, persebaran penduduk dan geografi politik yang berlaku diwilayah negara tersebut, berikut ini adalaha penjabaranya:
1.      Bentuk negara kompak (contigous shape)
Negara kompak dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
a.       Membulat
Merupakan negara yang berbentuk hampir membulat, contohnya cina, paris, polandia
-          Iklim
Untuk negara berbentuk membulat iklm yang dimiliki bisa homogen atau sama diseluruh wilayah negara namun dapat bervariasi, sesuai dengan letak negara dan luas negaranya. Iklim dapat bervariasi jika letak negara terdapat pada perbatasan lintang, namun pada umumnya negara berbentuk membulat beriklim homogen
-          Persebaran penduduk
Bentuk negara yang tidak dipisahkan oleh wilayah erairan dapat menyebabkan persebaran yang lebih merata, namun jika topografi wilayah negara bergunung-gunung dapat menyebabkan persebaran penduduk tidak merata.
-          Geo politik
Bentuk negara yang membulat memberikan keunggulan pada aksibilitas yang lebih tinggi. Ketika pusat pemerintahan, ekonomi, kebudayaan, dan sosial berada pada satu ttik akan mudah diakses dan dijangau, ketika hal ini terjadi maka negara memiliki kesatuan yang rekat dan tinggi.
b.      Memanjang
Bentuk negara memanjang terdiri dari negara memanjang dan horisontal, contoh negara memanjang vertikal yaitu chile, vietnam, sedangkan contoh negara berbentuk memanjang horisontal adalah cekoslavia
-          Iklim
Iklim di negaa berbentuk memanjang horisontal pada umumnya memiliki satu iklim matahari, karena negara tersebut terletak sejajar dengan garis lintang bumi, sehingga iklim negara tersebut homogen. Sedangkan untuk negara berbentuk memanjang vertikal memungkinkan terjadi perbedaan iklim matahari karena memiliki wilayah yang sangat panjang menyebabkan memiliki banyak varasi iklim, atau bersiat heterogen.
-          Persebaran penduduk
Wilayah negara yang berbentuk memanjang pada umunya berbatasan dengan pegunungan disatu sisi dan pantai disisi lain, sehingga perkembangan dan persebaran kota berada di dekat pantai dari pada di pegunungan.
-          Geo politik
negara berbentuk memanjang biasanya berbatasan dengan pegunungan dan pantai disisi laiinya, oleh karena itu persebaran kotanya berada didekat laut karena topografinya relatif datar. Kelemahan negara berbetuk memanjang vertikal adalahjika wilayah tengah diserah dan lumpuh, maka akses untuk ke utara dan selatan akan terganggu.  Secara umum bentuk memanjang horisontal sama dengan wilayah memanjang vertikal, namun terdapat perbedaan karena negara memanjang horisontal keseluruhan bersifat homogen, tidak selamanya menjadi keuntungan karena kebutuhan manusia yang beragam tidak dapat dipenuhi dengan sumberdaya yang homogen tersebut, oleh karena itu membutuhkan kerjasama luar negri untuk membantu memenuhi kebutuhan.
2.      Bentuk negara tidak kompak
Terdapat 4 macam bentuk negara tidak kompak
a.       Bentuk negara fragmental
-          Iklim
Negara berbentuk kepulauan memiliki iklim yang bervariasi, contohnya indonesia memiliki 3 iklik yaitu musim muson, iklim tropica, dan iklim laut, iklim jenis ini dipengaruhi oleh angin musiman yang dpat berubah-ubah ada periode tertentu.
-          Persebaran penduduk
Negra kepulauan memiliki banyak pulau yang bervariasi besar dan kekayaan sumberdaya alamnya, sehingga penduduk akan mengumpul pada pulau yang luasdan memiliki sumber daya, bahkan banyak pulau yang tidak berpenghuni karena aksesibiltas yang sulit dicapai.
-          Geo politik
Negara kepulauan memiliki wilayah laut, seingga banyak jalan untuk masuk ke wilayah negara., maka negara kepulauan seharusnya memiliki angkatan bersejata yang lengkap di wilayah perairannya, agar kekayaan laut tidak dicuri pihak lain yang tidak bertanggung jawab.
b.      Bentuk terpecah
-          Iklim
Negara terpecah memiliki kondisi iklim yang bervariasi.
-          Persebaran penduduk
Persebaran penduduk dpat bervariasi, ada daerah yang banyak penduduknnya, namun ada juga daerah yang sedikit jumlah penduduknya, hal ini dipengaruhi oleh kondisi alam, kelegkapanfasilitas umum dan aksesibilitas suatu wilayah.
-          Geo politik
Sebagai negara yang wilayah terpecah, kebersamaan harus dijaga agar tetap dapat berdaulat, interaksi antar wilayah harus terus dijaga, komunikasi antar wilayah yang terpisah harus terus terjalin.
c.       Bentuk tersebar
-          Iklim
Negara berbentuk tersebar memiliki iklim yang bervariasi bahkan berbeda sama sekali, contohnya amerika serikat memiliki 4 musim, sedangkan kepulauan hawaii yang merupakan negara bagian amerika serikat memiliki iklim tropis.
-          Persebaran penduduk
Persebaran penduduk negara tersebar tidak merata, penduduk cenderung lebih banyak berada di daerah yang dekat dengan pusat pemerintahan, daerah dengan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap.
-          Geo politik
Pada umumnya negara tersebar berbebtuk serikat, tersiri dari negara-negara bagian, sehingga dapat mengatur negara bagian sendiri tanpa banyak campur tangan dari pemerintah pusat, namun tetap mengakui kedaulatan negaranya. Contohnya hawaii termasuk kedalam amerika serikat.
d.      Lingkar laut
-          Iklim
Iklim yang dimiliki iklim yang heterogen, sehingga mempengaruhi kondisi fisik dari setiap pulau yang ada akan beragam.
-          Persebaran penduduk
Persebaran penduduk pada bentuk negara lingkar laut tergolong tidak merata karena kondisi iklim ayang berbeda-beda, interaksi antar pulau kurang terjalin.
-          Geo politik
Kebijakan yang dibentuk di pusat pemerintahan kurang bisa tersebar luas kepada seluruh warga karena persebaran penduduk yang tidak merata pada setiap pulau yang ada.

Selasa, 26 Maret 2013

merajut

bukan merajut cinta, ataupun ali kasih, tapi merajut dalam arti harfiah yakni merajut benang yang semula hanya benang menjadi kain, ataupun bentuk lain dengan teknik-teknik tertentu
sebenernya simpel sih, cuman butuh ketelatenan dan keuletan saat mulai merajut
awalnya belajar merajut buat ngerjain tugas KWU e lama-lama keasikan, hasilnya juga lumayan, walaupun masih ditampung biar makin banyak-makin banyak terus kumpul banyak deh biar bisa buat ngapain aja..
modal awal merajut kira kira gak nyampe 10ribu buat beli hackpen dan benang.
hackmen 1.350 dan benang 4.000 jmurah kan. modal terbesar adalah kesabaran, lebai ini nulisnya. sebenanrnya kalo ada yang ngajarin sih lebih mudah lagi... eheheheh merajut asa untuk masa depan

sakit punggung

udah beberapa hari ini punggung rasanya sakit banget di bagian pundak,
gara-gara liat film shutter jadi kepikiran kalo diboncengin hantu.. hiiiiii tapi setelah dipikir-pikir sih banyak hal yang membuat encok dini
yang pertama, disebabkan oleh beban ransel yang sanat berat, bawa buku, laptop, tas nya sendiri udah berat, mukena dll setelah sempat nimbang ransel di pusat kesehatan kampus (sempet dilirik ibu penjaganya juga sih, ngepain juga nimbang tas) tapi menurut ku itu pentning, dan ternyata berat tas saya 4kg pas, gak kurang gak lebih,,, waaaaow, untuk saya yang beratnya hanya 45,5kg menganggkat beban 4 kh setiap hari dipunggung lumayan juga lohh.
kemungkinan kedua adalah kasur yang sudah tidak bersahabat lagidengan tubuh ku ini. kasur ku udah lama, busa nya udah kempes dibagian tengah,, jadi bisa menjadi tersangka sakit punggung ini.
kemungkinan lain adalah bantal yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan sakit punggung makin parah.
kemunginan-kemunginan ini sudah dari riset yang saya lakukan sendiri. dan sepertinya lumayan juga hasilnya.
kali ini baru menemukan beberapa penyebabnya, belum nemu obatnya :( huhuhuhuhuh

Senin, 25 Maret 2013

perpanjangan sim

ini kejadian sebenernya udah lama tapi baru kepikiran aja buat nulis di blog. ehehe
ceritanya kemaren aku bingung mau perpanjang sim itu gimana.
karena rumah ku sangat jauh dari pusat kabupaten dan lebih deket ke kota, setelah cari cari info, ternyata sim corner Ambaroka plas a.k.a amplaz bisa buat semua kabupaten dan kota di DIY yee syukurlah
perpanjangan sim ternyata gak ribet cuman sialnya, kelar kuliah jam 10.45 pas itu dan hari jumat buat perjalanan dari kampus ke amplas lumayan rame.
nyampeklah di ampa pukul 11.20an lah, untuk udah dipersiapkan foto kopi sim dan ktp.
ngumopul itu fotokopian abis itu bapak petugasnya bilang kalo buka lagi jam aetengah 2. ya ampun 2 jam jalan-jlan gak jelas di amplas tanpa tujuan nyampe capek sendiri
setelah jam setengah dua kurang barulah mulai jelan lagi ke sim corner
prosesnya gak ribet, masukin data, nungu dipanggil, entri blanko, terus tes kesehatan, nah untuk ini dipungut biaya 25 atau 30 ribu gitu lupa
terus bayar di bri yang ada disana, untuk sim C 75.000
waktu bayar dikasih nomor antrian untuk foto, setelah itu baru dipanggil foto.
dan kalu mau dompet sim yang warna itum itu bayar 5rb.
kesimpulannya, kalo mau memperpanjang sim mending pagi kalo engak siang sekalian, jadi gak nunggu tutup karena makan siang.. eheheheh eh iya, nama ku sempet salah di sim sebelumnya, bisa dibenerin. tapi kalo menuakan umur itu gak bisa di ubah :)

Jumat, 22 Maret 2013

semester genap semester tugas

dari judulnya sih kayak orang ngeluh, tapi gak bermaksud buat ngeluh sih.
karena pada dasarnya emang pasti akan ada tugas yang levelnya maikn lama makin susah
kayak lagi main game, lama-lama bakalan makin susah, tapi harus tetep silewati, malah nagih kalo lagi gak main. rasanya kebayang -bayang gitu ama games nya
nah, jadi menurut ku tugas tu kayak ujian kenaikan level, mari selesaikan dan selesaikan perkuliahan ini, untuk kehidupan nyata yang akan datang

Selasa, 12 Maret 2013

tanggap warsa

udah telat banget sih emang, sampe udah ganti bulan, tapi hari itu tetap menyenangkan.
meskipun ulang tahun jatuh hari sabtu yang menjadi hari libur perkuliahan, tapi  ngampus juga hari itu,
dua hari setelahnya, mengadakan sukuran kecil kecilan sam temen-temen,. makasih ya semua :D

jujur, itu kue terindah yang pernah aku terima selama 20 tahun hidup ku.. ada foto ku, bagus deh pokoknya, enak juga. makasih ya temen-temen :D :D

pengen nulis aja

akhir-akhir ini jarang buka we apapun, memang sengaja gak ngisi kuota modem ataupun isi pulsa di hp. banyak inspirasi yang pengen ditulis ke blog, entah kenapa baru kepikiran sekarang.
sudah beberapa minggu ini masuk semester 4, udah makin tua itu pasti bahkan usia ku sudah masuk kepala dua. mau gimana lagi kan. manusia pasti bertambah umur.
tugas juga semakin berat, dari semester2 lalu, atau mungkin cara mengerjakannya yang makin niat, kalo semester-semester lalu sesalu mengandalkan google, semester ini makin rajin ke perpustakaan menambah koleksi bacaan, walaupun setebel apapu bukunya yang dibaca hanya satu dua lembar. ehehe tapi masih mending lah dari pada dulu malesnya minta ampun kalo baca buku kuliah.
aku menganggap semuanya dinamika hidup. ada kalnya kita merasa bodoh dan superduber gaptek, ada kalanya mendapat pencerahan untuk dapat mencoba hal-hal baru yang dulu sempat terpikirkan tapi merasa hal-hal itu tabu untuk dilakukan. seperti sekarang sedang mencoba membuat penelitian yang dulu sangat aku hindari. ye ye ye semangat kawan.